DUNIA ITU BULAT

SELAMAT DATANG DI BLOG INI .....

Sabtu, 24 September 2011

Stasiun ISS

Seorang pejabat badan luar angkasa Rusia mengatakan bahwa saat Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) tidak diperlukan lagi maka stasiun raksasa itu akan ditenggelamkan di Samudera Pasifik.

Rencana itu telah disiapkan sejak lama dan bertujuan untuk mencegah stasiun itu menjadi sampah luar angkasa. Sebelumnya, ISS dijadwalkan jatuh ke laut pada awal 2015 namun Amerika Serikat memperpanjang umurnya hingga 2020.

Vitaly Davydov, Wakil Ketua Badan Luar Angkasa Rusia mengatakan stasiun luar angkasa itu akan dihancurkan secara terkontrol saat jatuh ke bumi.

Sebelumnya, Rusia menenggelamkan stasiun luar angkasa Mir di Samudera Pasifik pada 2001 setelah mengorbit selama 15 tahun. Skylab, stasiun luar angkasa pertama milik AS jatuh dari orbit pada 1979 setelah enam tahun mengorbit.

ISS adalah stasiun luar angkasa terbesar yang pernah dibuat dan kadang bisa dilihat dari bumi dengan mata telanjang. ISS bisa ditempati oleh enam astronaut. ISS kini terdiri dari sejumlah modul yang dibangun AS, Rusia, Kanada, Jepang, dan Badan Luar Angkasa Eropa. (MI/RIZ)

Tidak ada komentar: